Waduk Selorejo

waduk selorejo, waduk selorejo pujon, waduk selorejo wikipedia, waduk selorejo blitar, waduk selorejo pdf, waduk selorejo kediri, waduk selorejo ngantang jawa timur, waduk selorejo maps, waduk selorejo ngantang kabupaten malang, waduk selorejo batu

Bukan sekedar waduk biasa, namun Waduk Selorejo memiliki fenomena alam yang mempesona hingga memikat bagi siapa saja yang menyapanya. Gemercik air oleh dayung ketika menyusuri area waduk sembari memandangi keindahan alam sekitar, semakin menambah semarak kedamaian.

Waduk Selorejo Cover

Waduk Selorejo atau juga sering disebut Bendungan Selorejo dibangun ditengah-tengah kecamatan Ngantang dengan tujuan untuk menampung aliran sungai yaitu sungai Konto, anak dari sungai Brantas serta sungai Kwayangan. Tujuan dari pembangunan waduk tersebut adalah untuk mencegah adanya banjir. Nah, fungsi lain dari Waduk Selorejo ini adalah sebagai tempat wisata, Pebangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), budidaya perikanan serta irigasi. Waduk yang berada di Ngantang, Malang ini dirintis ditahun 1963 dan selesai dibangun pada tahun 1970. Peresmiannya langsung dari Presiden Soeharto pada 22 Desember 1970. Saat ini Waduk Selorejo dikelola oleh salah satu BUMN Malang yaitu Perum Jasa Tirta.

Refleksi alam Waduk Selorejo yang berada di Ngantang, Malang ini memiliki refleksi keindahan yang sangat sempurna layaknya cermin alam dari langit yang terlihat di air yang memenuhi waduk tersebut. Indahnya awan, langit, pepohonan dan suasana hangat akan membuat Dolaners sangat nyaman untuk berlama-lama diarea ini. Waduk Selorejo Malang juga memiliki sebuah jembatan gantung yang membuat adrenalin Dolaners terpacu ketika menginjakkan kaki disana, pasalnya jembatan ini bergoyang saat dilewati namun bagi para penggemar tantangan hal ini sudah merupakan hal yang biasa.

Hal istimewa yang dapat dinikmati di Waduk Selorejo Malang ini adalah menyaksikan indahnya genung kelud dari kejauhan, apalagi menyaksikannya ketika sunrise dari sudut Ngantang. Selain itu Dolaners juga bisa memancing gratis bersama warga sekitar, ikannya sangat banyak maka Dolaners tidak akan takut kehabisan. Yang paling menarik, Dolaners dapat menyusuri Waduk Selorejo dengan berperahu menuju ke kebun jambu. Disana Dolaners dapat menikmati buah jambu sebanyak-banyaknya secara gratis, namun Dolaners tidak boleh membawa jambu-jambu tersebut pulang. Jika Dolaners ingin membawa pulang maka Dolaners harus membayarnaya secara kiloan.

Uniknya kebun jambu yang satu ini, seluruh pohon jambunya secara serempak doyong ke kanan. Unik bukan? Jarang-jarang lho ada keunikan alam seperti ini. Jangan lewatkan berpose bersama pohon jambu yang doyong dalam jepretan kamera.

Komentar

Postingan Populer